Sabtu, 16 Agustus 2014

Tips Prakerin ( Praktek Kerja Industri)



Assalaualaikum :) konbanwa, satnight nih, gue mau posting hal yang sedang membelenggu di para hati anak kelas 12 SMK – SMTI Bandar Lampung. Mungkin sekarang kalian lagi gundah, galau,  gelisah, bahkan doki-doki (mungkin). Ya... gimana enggak men, mau Prakein. Iya P R A K E R I N !!! pemirsaaaah
Serentetan pertanyan   :
"Nanti gue prakerin dimana ya, nanti gue satu kelompok ama siapa ya, nanti perusahaan yang gue dapet gimana ya, jauh gk dari rumah gue ya, terus klo jauh gue berangkatnya gimana,  klo jalannya jelek gimana, klo gue dapet yang di luar kota gimana, gue mau ngekostnya dimana, terus makannya gimana, nyucinya-nyuciya, buat laporanya susah gk ya, bos gue disana baik-baik gk yah, nanti gue dapet gaji gk yahhh???? "
Nah loh, pasti dari segitu banyak pertanyaan, ada yang nyangkut di hati lo lo orang pada. Iya kaaannn (aiss sotoy -_-)
Nah, demi kesejahteraan bersama, malam ini gue mau shere tips-tips yang mungkin membantu kalian dalam menjawab pertanyaan  yang  sedang membelenggu di benak kalian *eettttdaaaahhhh ples membantu kalian selama prakerin.
Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN) atau dikenal juga dengn sebutan PKL  bagi siswa maupun mahasiswa selain sebagai syarat kelulusan yang harus dipenuhi tapi juga sebagai pengenalan kepada dunia kerja sebenarnya.

ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu selama melaksanakan Prakerin

1.  Survey Lokasi PKL.

Survey lokasi ini penting untuk lebih cepat kita nantinya beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tempat PKL. Jika tempat PKL jauh dari tempat tinggal misal diluar kota harus mencari tempat tinggal yang lebih dekat karena bagusnya tempatnya jangan terlalu jauh dari tempat kita kerja praktek dengan cara indekost. Hal ini untuk mengantisipasi kedisiplinan dalam waktu masuk. Jika jarak tempat PKL dengan tempat tinggal takutnya jarak tempuh dan waktu masuk bisa menggangu dan menyebabkan keterlambatan. Untuk yan indekost nih, jangan parno nti makannya, nyucinya gimana, tidurnya gimana. Jalanin aja, mungkin 6 hari pertama kalian akan memulai tidur dengan deru genangan air mata, karna yang kangen emak nya dirumah, kangen bapak dirumah, kangen bantal guling dirumah, kangen si doi, sampe nangis karna kangen gk bisa nonton pancali. Ckckck itu semua hal biasa, gue jga dulu kyak gitu kok malah tambah parah *loh. Kalian bisa ngilngin kesedihan itu dengan siukin diri kalian dengan belajar,mulai nyusun laporan, keliling-keliling kompleks kostan mungkin dll. Untuk masalah makan kalian bisa beli diluar, atau masak sendiri klo memungkinkan. Saran, jangan sering-sering makan mie instan atau junk food yah, sayang tubuhnya mas bro, mending makan pke telor + kecap lah.

2. Strategi Pembagian Waktu.

Gunakan waktu sebaik mungkin, karena 6 minggu itu sangat sebentar dan sangat tidak mungkin untuk mengerti seluruh pekerjaan yang ada di sebuah perusahaan. Gunakan strategi pembagian waktu misalnya:

Minggu pertama untuk memperhatikan unit unit yang ada di perusahaan tersebut.
Minggu ke dua khusus untuk mempelajari alur atau flow pekerjaan di perusahaan tersebut dan,
Minggu ketiga dan keempat mulailah memikirkan untuk memilih judul laporan yang akan dibuat nanti serta data data yang akan diperlukan dan darimana sumber datanya.
Dengan strategi pembagian waktu tersebut dibulan kedua mahasiswa dapat fokus mempersiapkan materi serta pencarian data – data  yang diperlukan untuk membuat laporan seperti  bertanya dan mencari data ke pembimbing lapangan. Sehingga pada waktunya PKL berakhir siswa telah siap dengan segala data – data untuk membuat laporan akhir.

3. Jaga Perilaku dan Sikap

Ini juga hal penting karena berhubungan dengan nama baik almamater, menjaga sikap dan perilaku di tempat PKL merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti :
a.       Berpakaian rapi dan santun.
Sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja. Kesopanan terhadap seluruhnya itu sangat penting maka jagalah kesopanan anda. Ingat sopan santun itu perlu, sapa lah bapak/ibu manager, karyawan sampai satpam, entah kenal atau gak, jika kita berpapasan. Ucapkan salam dan jabat tangan lah ketika absen pagi dan saat akan pulang. Bertanyalah dengan sopan, aktif dengan santun dan nikmati dunia kerja praktek dengan enjoy dan senyaman-nyamannya. Yang terpenting kita JANGAN SONGONG.

 (gambar 1.1 dari kakak kelas)

.      Menyapa petugas dengan salam seperti selamat pagi, siang, sore.

c.       . Bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya siswa. Dan jangan sok tau ataupun mengguri, dan jangan mencoba-coba ngetes kakak pembimbing kita


(gambar 1.2 dari kakak kelas)
. Hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kalian. Dan kita harus menjaga kekompakan dengan sesama rekan-rekan prakerin kita. Dan jangan saling menjelekan satu sama lain.
4. Patuhi Seluruh Peraturan
Patuhi seluruh peraturan yang ada baik tertulis maupun tidak tertulis

5. Disiplin

Sikap disiplin sangat penting karena saat anda nanti benar benar bekerja disiplin itu diutamakan

6. Jangan Malu

Jangan Malu untuk bertanya ada istilah malu bertanya sesat beneran. Apa maksudnya? Jadi begini, saat kerja praktek nanti kita adalah sebagai orang baru disana. Sayangnya, kita orang baru yang benar2 blank dunia baru kita tersebut. Sedangkan orang-orang lama, tentunya memilki kesibukan masing-masing, dan belum tentu bisa menyediakan waktu untuk share ilmu kepada kita. walaupun itu mungkin pimbimbing lapangan kita sendiri. Dan jangan malu memberi atau mengungkapkan Inisiatif

Nah, disinilah kita dituntut untuk aktif bertanya tentang apa yang dilakukan oleh bapak/ibu tersebut. Biasanya mereka akan lebih mudah berbagi ilmu jika kita yang bertanya. Jadi mereka bisa tetap bekerja sambil berbagi ilmu kepada kita.

7. Aktiflow

Aktiflah di tempat PKL anda. Justru mereka senang jika mereka bisa berbagi ilmu dengan kita. yang terpenting adalah cara kita berkomunikasi dengan baik kepada mereka.

8. Enjoy dan Santai Aja

Enjoy dan santai saja saat PKL, jangan terlalu gugup atau penakut. Dunia kerja itu sebenarnya lebih mudah daripada dunia sekolah. Yang susah itu dapetin kerjaannya. Dunia PKL gak sengeri yang kita pikirkan kok. Ada sih ilmu yang sesuai pada saat kita belajar di sekolah. Namun lebih banyak yang tidak kayaknya.^^Tapi tenang saja, bapak/ibu disana siap membantu kok. Jangan takut salah atau rusak, justru disitulah kita belajar agar besok bisa menjadi benar.

9. SKSD ( ini yang paling sulit) à (klo gue)

Yupz, sok kenal sok dekat. jangan sampai kita terlihat sombong, sapa lah setiap orang yang berada di sekeliling tempat kita praktek. cobai ngatlah selalu nama-nama bapak/ibu karyawan yang ada lingkungan tempat PKL kita tersebut. Agar tak lupa catat nama mereka. Kalo lupa tanya pada teman PKL anda kalo tidak coba lihat struktur kepegawaiannya,pasti ada namanya. Hal ini penting agar kita tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol berdua. Karena kalo kita ingat nama seseorang dan saat ngobrol bisa berkata misal “Pak Nanto sedang apa?” itu lebih baik daripada bilang sekedar “sedang apa pak?” Ingat manusia hakikatnya suka dianggap dan terhargai. Selain itu, syukur-syukur nanti selesai PKL kita dapet berita “Dek, kalo udah lulus mau nggak kerja disini. “ , siapa tahu kan …

10. Jangan Mengharapkan Sesuatu Yang Berlebihan
Nah loh pertanyaan ya tadi...
Anda jangan mengharapkan sesuatu yang berlebihan kepada dunia industry tersebut misalnya anda disuruh dan anda berfikiran nanti pasti diberi imbalan, jangan pernah sekalipun berfikiran seperti itu.

Nah, itu lah beberapa tips dan trik dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan. Yah, semoga bisa jadi bahan referensi bagi teman2 yang akan melakukan PKL atau sedang proses magang. Jika temen-temen ada yang ingin menambahkan saran tips dan trik PKL ini saya persilahkan dengan senang hati.

Pelihara hubungan baik untuk laporan nanti, untuk menjaga sewaktu waktu kita memerlukan keterangan atau data pelengkap. Demikian tips persiapan dan pelaksanaan PKL semoga dapat bermanfaat. Sukes buat kalian temen-temen kelas 12 SMK-SMTI Bandar Lampung, khususnya buat Kianaga15 kita bertemu lagi tanggal 4 oktober 2014 ( dengan membawa laporan prakerin yang udah jadi pastinya)
See you~~

nb ; karna sebelum berangkat prakerin blm sempet foto bareng, jdi klo kangen liat foto ini aja yaa

Thanks to  :

mba Rohma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar