Minggu, 18 Agustus 2013

SMK-SMTI Bandar Lampung


Aku Bangga Menjadi Anak SMK !!!


SMK sebagaimana kita ketahui merupakan sekolah sumber pencetak orang-orang yang handal di dunia kerja. Namun mengapa minat ornag tua untuk menyekolahkan anaknya di SMK masih minim ? Mungkin banyak orang pada umumnya yang meremehkan SMK. Citra SMK di masyarakat umum adalah :
  • Sekolah yang menjadi pilihan terakhir
  • Identik dengan murid yang nakal
  • Sekolahnya tidak elit
  • Lulus dari smk susah masuk ke PTN / PTS favorit
  • Lulusan SMK hanya bisa menjadi pegawai biasa saja
  • dan masih banyak lainnya citra negatif tentang SMK di mata masyarakat umumnya
Poin-poin diatas itulah yang diketahui masyarakat kita pada saat ini tentang SMK. Padahal pendapat itu tidak jelas terbukti pada dunia nyata. Mari kita bahas satu persatu poin diatas ; 

1. Sekolah Yang Menjadi Pilihan Terakhir 
Jelas sekali pendapat ini salah. SMK itu bukannlah pilihan terakhir. Karena untuk kita masuk ke SMK kita harus mengetahui bakat dan kelebihan kita dimana, bukan asal masuk saja. Tidak seperti SMA yang awalnya kita dapat masuk bebas, kemudian di tingkat berikutnya baru kita memilih hendak kemana kita nanti. Itupun hanya IPA atau IPS, belum spesifik. Beda kalau kita di SMK, kita bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan keinginan kita kedepannya nanti mau menjadi apa, karena jurusan di SMK itu sangat banyak. Jadi SMK bukannlah menjadi pilihan terakhir namun pilihan utama untuk kedepannya.

2.Identik Dengan Murid Yang Nakal
Ini juga merupakan pendapat yang kurang benar. Mengapa saya sebut Kurang Benar, karena tidak semua SMK identik dengan murid yang nakal dan juga tidak semua murid nakal itu berasal dari SMK melainkan juga dari SMA. Banyak sekolah-sekolah SMK yang memiliki siswa yang berprestasi, bukti nyatanya pemerintah kita mengadakan LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK yang memperlombakan keahlian dari tiap-tiap SMK di Indonesia. Ini hanya salah satu contoh saja. Contoh lainnya, SMK menghasilkan berbagai macam jenis produk, dari makanan, minuman, pakaian, biodiesel, motor, mobil, bahkan sampai pesawat dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu semua tidak akan tercipta kalau murid di SMK nakal.

3. Sekolahnya Tidak Elit
Siapa bilang SMK tidak elit ? Yang mengatakan hal diatas merupakan orang yang awam dengan sekolah. Mereka tidak tahu mengenai sekolah-sekolah SMK. Karena pada zaman dahulu (red : masa orang tua siswa sekolah) mereka hanya tahu sekolahan SMA lah yang bagus, yang sarana dan prasarananya mendukung, yang mendapat bantuan dari pemerintah. Tapi itu dulu, dulu berbeda dengan sekarang. Banyak SMK sekarang ini yang memiliki gedung sekolahan yang baik, infrastruktur yang memadai, sarana dan prasarana yang mendukung, dan juga bahkan didukung oleh pemerintah. Contohnya saja salah satu sekolah SMK di Bandar Lampung, SMK SMTI Bandar Lampung. Sekolah ini merupakan sekolah SMK dibawah naungan Kementerian Perindustrian. Kegiatan praktikum disekolah ini dibiayai oleh Kemenperin, sehingga siswa tidak perlu lagi membayar uang praktikum. Jadi dengan adanya dukungan ini, sekolah dapat mengatur uang pendapatan dari biaya operasional sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas sekolahnya.

4. Lulus dari SMK sulit masuk ke PTN / PTS Favorit
Ini jelas merupakan sebuah citra yang mengada-ada tentang smk. Alumni SMK itu juga berpeluang untuk masuk ke PTN / PTS Favorit. Karena di SMK juga diberikan pelajaran-pelajaran umum layaknya yang didapat siswa SMA. Jadi tidak menutup kemungkinan para alumninya untuk melanjutkan ke PTN / PTS Favorit. Saat ini untuk masuk ke PTN / PTS Favorit sudah melalui SNMPTN, dan itu bisa diikuti juga oleh siswa SMK, apalagi bagi mereka yang memiliki nilai raport tinggi. Selain itupun ada beberapa sekolah yang memiliki ikatan dinas dengan PTN / PTS sehingga memudahkan para alumninya untuk melanjutkan pendidikan. Dan juga karena siswa telah mendapatkan pengetahuan tentang jurusannya ketika ia di SMK  menjadikannya mudah untuk mengikuti pelajaran di Universitasnya kelak. 

5. Lulusan SMK Hanya Menjadi Pegawai Biasa
Siapa orang Indonesia yang tidak mengenal Bob Sadino dan Tantowi Yahya ? Mereka berdua hanya contoh dari banyak lulusan SMK yang menjadi orang sukses. Bahkan manager ASTRA HONDA adalah lulusan SMK. Jadi jelas bahwa pendapat ini tidak sepenuhnya benar.

Dari beberapa poin-poin diatas tentang citra buruk SMK di mata masyarakat justru sebenarnya tidak begitu adanya. Malah menjadi poin-poin tambahan bagi SMK. Apalagi kalau ditambah kelebihan dari SMK itu sendiri.
Jadi berbanggalah kalian yang telah menjadi siswa SMK, SMK itu bukanlah pilihan terakhir, bukan sekolahnya anak-anak nakal, bukan sekolahan yang tidak elit, lulusan SMK hanya menjadi pegawai biasa, tidak dapat melanjutkan ke universitas favorit. Itu semua paradigma yang salah. Setelah lulus SMK kita dapat dengan mudah melanjutkan ke perguruan tinggi, dan juga mudah untuk menjalani kuliahnya nanti. Bahkan sangat mudah untuk bekerja, karena siswa SMK memiliki keterampilan-keterampilan khusus.

Jadi kesimpulannya :
1. SMK LEBIH UNGGUL DARI SMA
2. SMK juga diajari pendidikan yang sama dengan SMA (juga dapat pelajaran MATEMATIKA, BHS, INGGRIS, AGAMA, IPA, IPS dsb)
3. Diperlukan perubahan paradigma bagi orang tua dan guru tentang SMK
4. SMK mencetak siswa yang siap kerja dan berani berkompetisi

SO,....
Bagi siswa SMK jangan ragu untuk teriakkan AKU BANGGA MENJADI SISWA SMK !!

Dan bagi siswa SMP yang akan lulus ;

LULUS SMP , LANJUTKAN KE SMK
RAIH TIKET KESUKSESANMU DI SMK

SMK, CERDAS, SIAP KERJA, KOMPETITIF.

SMK Bisa !

kalian bingung milih antara SMK/SMA?
Contohnya aku nih, habis lulus SMP galau banget mau masuk SMK/SMA tapi setelah dapet saran dari keluarga-keluargaku dan setelah cari-cari informasi tentang SMK ternyata lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan SMA. kebanyakan negara-negara maju diluar negeri  aja nih ya gk ada yang namaya SMA, disana dari SD sudah langsung kejuruan, jadi setelah mereka tamat sekolah sudah kelihatan bakatya itu dibidang apa, jadi bisa langsung kerja walaupu tidak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
kali ini aku akan berbagi informasi tentang sekolah SMK ku SMK-SMTI Bandar Lampung :)

STUDY IN 


SMK-SMTI Bandar Lampung merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki program keahlian Kimia Analisis dan Kimia Industri di Provinsi Lampung dan Sumatra Bagian Selatan (SUMBAGSEL). Jurusan ini merupakan jurusan yang langka dan banyak dibutuhkan di dunia usaha dan dunia industri. Sehingga sebagian besar lulusan SMK-SMTI banyak terserap dan dibutuhkan di dunia usaha maupun industri.
Banyak diantara para lulusan SMK-SMTI Bandar Lampung yang telah terserap di dunia usaha maupun dunia industri. Bahkan sebelum mereka lulus pun sebagian perusahaan telah melakukan open recruitment di SMK-SMTI Bandar Lampung. Diantara perusahaan yang telah melakukan open rekruitment karyawan adalah PT. Nippon Stukuba Indonesia, PT. Geoservice, PT. Sinar Mas, dsb.
Kelebihan bersekolah di SMK adalah lulusan memiliki kesempatan dalam memilih dua jalur karier yakni melanjutkan kuliah maupun memilih untuk bekerja. Sekarang ini luluan SMK tidak lagi dipandang sebelah mata, sebab sekarang lulusan SMK memiliki dua pilihan karier setelah lulus, yakni melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi maupun memilih untuk bekerja.
Akses dan Lokasi Sekolah
SMK-SMTI Bandar Lampung memiliki lokasi yang sangat strategis di jantung Kota Bandar Lampung, berada di Jalan Jendral Sudirman, terletak kurang lebih 500 meter dari tugu adipura / bundaran gajah sebagai titik nol Kota Bandar Lampung, sehingga memiliki akses yang mudah dan dilewati angkutan umum.
Tugu Adipura Kota Bandar Lampung

Transportasi dapat dengan mudah diakses melalui depan pintu gerbang SMK-SMTI Bandar Lampung, dengan jurusan beberapa daerah disekitar Kota Bandar Lampung, meliputi : Sukarame, Raja Basa, Teluk Betung, Panjang, Garuntang, Pasar Bambu Kuning, Kemilng, dsb.
Selain itu SMK-SMTI Bandar Lampung terletak tidak jauh dari tempat-tepat umum, seperti GOR dan Lapangan Saburai Bandar Lampung, Stadion Pahoman.

ALAMAT SEKOLAH

POSTED BY ADITYA IRAWAN ON SENIN, JULI 08, 2013


Alamat Sekolah :

Jl. Jenderal Sudirman No.43, Enggal, Bandar Lampung
Lampung - Indonesia
Telp. (0721) 253383 - 256738
Fax.   (0721) 253383
web. http://www.smksmti-bdl.sch.id
Lingkungan Sekitar
Lingkungan sekitar SMK-SMTI Bandar Lampung merupakan kompleks sekolahan dan perkantoran serta ruko dan tempat-tempat komersil lain. Beberapa sekolah yang lokasinya berdekatan dengan SMK-SMTI Bandar Lampung adalah : SMA Negeri 1 Bandar Lampung, SMP/SMA/SMK Utama, SMP N 1 Bandar Lampung, SMP N 2 Bandar Lampung, SMP N 12 Bandar Lampung, SMP N 23 Bandar Lampung, sehingga lingkungan sekitar SMK-SMTI Bandar Lampung banyak terdapat tempat untuk kos dan aman serta nyaman untuk ditinggali selain berada di tengah jantung Kota Bandar Lampung. Lokasi sekolah juga berdekatan dengan beberapa perkantoran dan diantaranya Kantor Dinas Pariwisata Propinsi Lampung, Kantor BPPLH, Kantor DPD RI Lampung dan Markas Brimob Polda Lampung.
Ekstrakulikuler
  • Rohani Islam (Rohis)
  • Praja Muda Karana (Pramuka)
  • Karya ilmiah Remaja (KIR)

  • Futsal


  • Paskibra

  • Majalah Dinding (Mading)

Sejarah singkat SMK-SMTI Bandar Lampung

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK-SMTI) Bandar Lampung adalah salah satu dari sembilan
 SMK SMTI/SMAK yang bernaung dibawah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri 
(Pusdiklat Industri) Kementerian Perindustrian RI. Didirikan oleh Dinas Perindustrian 
Rakyat Propinsi 
Lampung berdasarkan SK No. 217/D/1968 dengan nama Sekolah Perindustrian Menengah 
Atas (SPdMA) Tanjungkarang. Berdasarkan SK Gubernur No. 5/G/TU/68 diubah menjadi 
Sekolah Teknik Industri dan Kerajinan  Menengah Atas (STIKMA) dan berdasarkan SK 
Gubernur No. 6/SS/TU/1968 diubah menjadi Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) 
Tanjungkarang . Akhirnya berdasarkan SK Menteri Perindustrian RI No. 235/M/SK/6/1985 
tanggal 24 Juni 1985 diubah menjadi Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) 
Tanjungkarang, dan pada tahun 2011 diubah menjadi SMK SMTI Bandar Lampung.
Sejak berdirinya tahun 1968 SMK-SMTI Bandar Lampung  sudah berperan selama 
45 tahun dengan tugas menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dibidang kimia Teknologi Industri sehingga mamp.u menunjang pertumbuhan serta perkembangan industri di Sumatera khususnya dan Indonesia umumnya dengan jumlah alumni sampai tahun pelajaran 2012/2013 adalah lebih dari 3500 orang.Untuk mengikuti pesatnya perkembangan industri dan teknologi pada saat ini, maka SMK-SMTI Bandar Lampung ikut mempersiapkan diri dan berusaha meningkatkan mutu terutama dibidang sumber daya manusia, industri tingkat menengah yang mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan industri dengan memanfaatkan serta mengembangkan segala potensi sumber daya alam yang ada untuk digunakan dalam  proses industri kimia baik secara teoritis maupun aplikatif sehingga dapat dimanfaatkan dalam menangani kegiatan industri kimia, melaksanakan prosedur laboratorium kimia, mengelola limbah industri kimia dan berjiwa wirausaha dalam bidang industri kecil kimia untuk meningkatkan nilai tambah dalam menumbuh kembangkan industri serta dapat meningkatkan pendapatan negara.Seiring dengan perkembangan tersebut, SMK-SMTI Bandar Lampung juga telah melakukan evaluasi diri guna mewujudkan kemandirian antara lain dengan cara mengkaji berbagai komponen seperti kurikulum dan pembelajaran, administrasi dan manajemen, organisasi dan kelembagaan, sarana dan prasarana, ketenagaan, pembiayaan dan pendanaan, peserta didik, peran serta masyarakat serta lingkungan budaya program keahlian. Sebagai wujud nyata pengembangan diri tersebut maka sejak tahun pelajaran 2006/2007 SMK-SMTI Bandar Lampung menyesuaikan 2 program keahliannya dari program keahlian lama yaitu Program Teknologi Agro Industri menjadi Program Keahlian Kimia Industri dan Program Keahlian Pengendalian Mutu Kimia menjadi Program Keahlian Kimia Analis. Dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan diperlukan rencana strategik antara lain melalui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang telah dicanangkan bagi seluruh guru, karyawan dan siswa SMK-SMTI Bandar Lampung sejak tanggal 10 September 2007.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar